Card image
WAKAF SEBAGAI TANDA CINTA KEPADA ALLAH DAN RASULULLAH

Mencintai Rasulullah SAW merupakah sebuah kewajiban yang harus kita perbuat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan melakukan amalan – amalan sunnah yang sudah diajarkan. Salah satunya adalah berwakaf sebagai tanda cinta kepada Rasulullah SAW.

Wakaf adalah amalan yang dicintai Rasulullah. Hal tersebut lantas diikuti oleh para sahabat. Salah satunya yang dilakukan oleh sabahat Umar bin Khattab yang mewakafkan kebunya di khaibar.

Kisah awal mula adalah ketika Umar bin Khattab mendatangi Rasulullah SAW dan menyampaikan tentang kebun yang ada di Khaibar.

“ Ya Rasulullah, sesungguhnya aku memiliki sebidang tanah di khaibar. Sebelumnya aku tidak memiliki tanah sesubur ini. Apa yang tuan perintahkan atas tanah tersebut ?”

Rasulullah bersabda : “ Kalau engkau mau, tahan pokoknya dan alirkan surplusnya “.  Hadist yang menjadi dasar tentang wakaf produktif.

Wakaf produktif adalah wakaf yang tetap menahan nilai dari harta benda wakaf, namun dijadikan produktif agar menghasilkan surplus. Setelah itu harta hasil yang diperoleh disalurkan kepada fakir miskin , anak yatim dan lain sebagainya.

Baca Juga : Wakaf Sebagai Solusi Kesejahteraan Umat

Selain itu cerita tentang wakaf yang sering kita dengar  adalah dari sahabat Abu Thalhah yang mewakafkan kebun Bairakhu. Abu Talhah pun menemui Rasulullah SAW dan menyampaikan niatnya setelah mendengar ayat yang berbunyi : “ Kamu tidak akan memperoleh kebajikan yang sesungguhnya sampai kamu sedekahkan harta yang kamu cinta “ ( Surat Ali Imran 92 )

Abu Thalhah menyampaikan “ Sesungguhnya harta yang paling aku cintai adalah kebunku di bairakhu, Ya Rasulullah tempatkan ia seperti yang Allah telah tunjukan padamu”, Ujar Abu Talhah.

Dengan gembira dan penuh suka cita, Rasulullah menyambut sedekah itu sembari berkata “ Inilah harta yang diberkahi, Aku telah mendengar apa yang kau ucapkan dan aku menerimanya. Aku kembalikan lagi kepadamu dan berikan ke kerabat – kerabatmu “

Dari dua cerita diatas tentu bisa diambil kesimpulan bahwa wakaf yang sahabat Rasulullah lakukan adalah untuk mengharap ridho Allah dan sebagai bentuk kecintaan kepada Rasulullah SAW.

Selain itu, wakaf yang dilakukan merupakan pilar dari kesejahteraan yang akan tercipta baik dalam bidang sosial, pendidikan, kesehatan dan perekonomian.

Allah dalam Al – Qur’an memerintah umatnya untuk mensedekahkan harta benda yang paling dicintai. Dan kedua sahabat diatas melakukanya. Secara tidak langsung mereka melakukan apa yang Rasulullah dan Allah SWT perintahkan dengan harapan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan menunaikan wakaf maka kita termasuk pada golongan umat yang cinta Rasul.  Rasulullah bersabda : “ Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku, maka sungguh ia telah mencintaiku, dan siapa saja yang mencintaiku maka ia bersamaku menjadi penghuni surga “ ( HR. Tirmidzi )

Yuk tunaikan wakafmu sekarang di Badan Wakaf Mandiri.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.