Card image
WAKAF SEBAGAI SOLUSI SAAT BENCANA

Wakaf Sebagai Solusi Saat Bencana – seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman dan budaya yang banyak. Mulai dari bahasa, kebudayaan, rumah adat, pakaian adat dan kekayaan lainya.

Namun kerusakan lingkungan yang juga di akibatkan oleh masyarakat juga bisa menjadi momok tersendiri bagi kehidupan berkelanjutan. Karena dengan kerusakan lingkungan resiko terjadi bencana akan semakin dekat.

Seperti saat ini dampak dari pemanasan global dan kerusakan lingkungan di Indonesia menimbulkan bencana seperti banjir bandang yang terahir terjadi di tahun 2020 di masambak selain itu resiko terjadi tanah longsor juga semakin terasa jika di lihat kerusakan alam yang terjadi.

Bukan hanya itu saja, pada musim kemarau pun bencana seperti kekeringan yang sangat berdampak pada pertanian juga terasa. Hal tersebut semakin menyulitkan masyarakat mencukupi kebutuhan pangan.

Hal yang terjadi beberapa bulan terakhir ini adalah bencana yang mengguncang seluruh dunia yaitu virus corona yang sangat berdampak bagi kerusakan ekonomi dan kesulitan pangan.

Setiap tahunya ancaman dari bencana alam terus meningkat, korban jiwa dan kerugian material tentu tidak bisa di hitung dengan jari karena jumlahnya yang begitu banyak.

Pemerintah tidak mungkin memaksa warga yang mempunyai hunian di pinggiran sunga harus pindah lokasi. Namun cara yang bisa di lakukan adalah dengan mitigasi bencana dengan mengembalikan fungsi lahan kritis seperti semula.

Baca Juga : Wakaf Menjadi Solusi Ketahanan Pangan Saat Pandemi

Di Indonesia praktik wakaf sudah dilakukan sejak lama, namun pemahaman masyarakat rata – rata harta benda hanya bisa digunakan hanya lahan atau bangunan saja.

Namun pada kenyataanya harta benda wakaf tidak terbatas hanya pembangunan sarana umum saja namun juga ada yang namanya wakaf produktif. Wakaf produktif adalah wakaf seperti pertanian peternakan yang menjadi model utama untuk menopang kebutuhan dari fasilitas ibadah, pesantren atau fasilitas umum lainya.

Tentunya dengan wakaf produktif bisa dijadikan solusi ketika bencana alam atau krisis pangan. Selain itu pembebasan lahan kriti agar kembali ke fungsi awalnya juga bisa di terapkan.

Contohnya pembebasan lahan pantai yang rawan tsunami yang di alihfungsikan menjadi hutan bakau agar mempunyai nilai manfaat yang lebih banyak. Hal itu juga memberikan perlindungan sistem produksi lahan yang efisien dan berkelanjutan.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.