Card image
WAKAF PRODUKTIF UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Wakaf Produktif – Jenis perwakafan di Indonesia sekarang mulai beragam, hal yang dulu dianggap sebagai amalan yang sulit, karena memerlukan dana besar atau dengan menggunakan harta benda tidak bergerak seperti tanah, bangunan dan masjid perlahan mulai berkurang. Statemen seperti itu bisa dibantah dengan model perwakafan yang ada di Indonesia sekarang.

Salah satu yang sedang digaungkan dan dikembangan baik dari Badan Wakaf Indonesia (BWI), Badan Wakaf Mandiri dan lembaga – lembaga lain adalah wakaf produktif.

Wakaf produktif adalah wakaf yang dilakukan oleh wakif melalui aset wakaf yang digunakan untuk pengelolaan usaha atau skema pengelolaan yang menghasilakn surplus yang berkelanjutan. Dari hasil pengelolaan wakaf produktif tersebut hasilnya bisa disalurkan kepada mauquf ‘alaih (penerima manfaat).

Salah satu yang diinginkan dengan digaungkanya wakaf produktif adalah agar banyak masyarakat yang terjamin kesejahteraannya. Dengan program seperti ini tentunya manfaat yang dihasilkan bisa maksimal dan tujuan dari wakaf bisa terpenuhi.

Wakaf produktif sendiri sudah ada dalam peraturan pemerintahan yang diatur dalam UU Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf. sistem wakaf seperti ini juga sudah dijalankan sejak lama salah satunya di Universitas Al – Azhar Mesir.

Dengan program mengubah aset wakaf untuk dijadikan sebagai aspek usaha  tentunya sangat menguntungkan. Sehingga hasil dari pengolahan bisa digunakan untuk kegiatan sosial. Pendidikan, serta bermanfaat untuk umat yang membutuhkan.

Manfaat dengan wakaf produktif ini terbilang lebih tinggi dibanding dengan wakaf lainya. Karena selain bisa menunjang kemanfaatan masyarakat juga keuntungan untuk pengelola wakaf (nazir) serta manfaat yang bisa bertahan lama.

Salah satu contoh yang dilakukan oleh Badan Wakaf Mandiri adalah pada sektor pertanian, peternakan seperti lele, ayam, jamur tiram, sayuran dan kesehatan ( Rumah Sehat Mandiri ).

Namun kesadaran masyarakat akan manfaat yang bisa dihasilkan dengan wakaf produktif masih sangat jarang diketahui oleh kebanyakan masyarakat. Oleh karena itu merupakan tugas kita bersama untuk menyadarkan masyarakat agar mengetahui manfaat wakaf produktif sehingga bisa menyalurkan harta bendanya dengan niat mendekatkan diri kepada Allah dan membantu sesama. Yuk salurkan wakafmu untuk bekal diakhirat nanti di Badan Wakaf Mandiri.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.