Card image
WAKAF MURAH SETARA HARGA PAKET DATA

Kata wakaf memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, terkhusus bagi umat islam. Namun sering kali anggapan bahwa wakaf itu mahal, harus dilakukan oleh orang yang banyak hartanya, harus dengan menggunakan barang yang nilainya mahal.

Paradigma seperti itu mungkin kurang tepat, pasalnya jika berwakaf masih dengan anggapan seperti itu maka anak – anak muda generasi muda tidak bisa melakukan wakaf. Jika anggapan masih seperti itu maka hanya orang – orang tertentu yang bisa melaksanakan wakaf.

Dengan begitu maka akan timbul pertanyaan, orang – orang yang mempunyai harta sedikit apakah bisa melaksanakan wakaf ?

Pengertian Wakaf

Wakaf mempunyai arti menahan. Sedangkan secara istilah wakaf adalah menahan harta guna dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak namun tanpa mengurangi nilai dari harta yang sudah diwakafkan. Harta yang diwakafkan tidak boleh diperjual belikan.

Sejatinya wakaf memang bukan amalan wajib, namun wakaf mempunyai manfaat dan pahala yang besar, karena wakaf termasuk amal jariyah yang pahalanya tidak akan terputus walaupun yang memberi wakaf sudah meninggal dunia, jika harta benda yang diwakafkan masih dimanfaatkan oleh orang banyak.

Wakaf Uang

Wakaf uang adalah wakaf  berupa uang yang nantinya dikelola secara produktif dan hasilnya bisa di manfaatkan oleh Wauquf Alaih ( Penerima manfaat wakaf ).Penghimpunan jenis wakaf ini biasanya di sampaikan untuk edukasi dengan menyebutkan program pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan penerima manfaat.

Selain itu wakaf ini juga bisa di sebut dengan jenis investasi seperti halnya untuk usaha toko, pertanian usaha retail dan lain sebagainya.

Uang yang telah di himpun adalah harta benda wakaf yang nilai pokoknya tidak boleh berkurang dan harus di jaga dengan diinvestasikan pada sektor ril atau keuangan syariah dan perataruan perundang – undangan.

Wakaf uang ini sama halnya dengan wakaf barang lainya yang mana harus menjaga nilai pokok dari benda yang di wakafkan namun bisa dimanfaatkan untuk usaha yang nantinya keuntungan bisa di salurkan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat.

Wakaf Melalui Uang

Secara garis besar pengertian dari wakaf melalui uang sama dengan wakaf uang. Yang membedakan hanyalah jenisnya saja. Untuk wakaf melalui uang yaitu memberikan sejumlah uang untuk dibelikan dan dijadikan sebagai harta benda tidak bergerak atau bergerak sesuai dengan kehendak dari wakif.

Pemberian wakaf ini biasanya melalui lembaga – lembaga terpercaya yang mempunyai berbagai campaign social dan program – program berkelanjutan lainya.

Contohnya saat sahabat ingin memberikan wakaf kepada Badan Wakaf Mandiri yang mana saat ini mempunyai program pembangunan gedung tahfidz Qur’an, kemudian sahabat memberikan wakaf untuk program tersebut. Itulah yang dinamakan dengan wakaf melalui uang.

Wakaf Murah Setara Harga Paket Data

Untuk sekarang, paket data memang sudah menjadi hal yang paling penting. Tidak jarang banyak yang merelakan keperluan lain hanya demi mempunyai paket data.

Nah dengan wakaf uang sekarang anggapan bahwa wakaf itu mahal sudah bisa ditepis. Pasalnya sekarang berwakaf bisa dengan seharga paket data. Badan Wakaf Mandiri merupakan salah satu nadzir wakaf yang sudah dipercaya mengelola dana wakaf.

Beberapa aset dari wakaf yang sedang dikembangkan adalah gedung pendidikan ICMBS putra yang berada di Jl. Sarirogo No. 1 Sidoarjo, ICMBS Putri di Bandung dan STAINIM. Selain itu aset produktif seperti Rumah Sehat Mandiri (RSM), Peternakan dan pertanian juga dijalankan.

Beberapa aset tersebut berasal dari dana masyarakat yang diberikan kepada Badan Wakaf Mandiri baik dengan wakaf berupa uang atau barang.

Sekarang berwakaf di Badan Wakaf Mandiri sudah tidak harus memikirkan harta yang banyak, pasalnya dengan menggunakan uang senilai 10.000 seharga kopi, 20.000, 50.000 setara dengan harga paket data tetep bisa berwakaf.

Seperti contoh sekarang Badan Wakaf Mandiri sedang membangun gedung ICMBS Putri di Bandung. Tentunya pembangunan tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk berkontribusi dalam pembangunan tersebut kamu tidak harus dengan harta yang nilainya besar, karena 20.000 – 50.000 saja sudah bisa dan tentunya jaminan pahala yang akan terus mengalir.

Nah bagaimana sahabat ? mudah dan murah kan ? Masa membeli paket data setiap seminggu sekali bisa tapi berwakaf sekali seumur hidup ragu – ragu. Yuk biasakan berbagi dan tambah tabungan amal akhiratmu dengan berwakaf di Badan Wakaf Mandiri

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.