Card image
RAIH PAHALA HARI JUMAT DENGAN BERWAKAF

Hari jumat bagi umat islam merupakan hari yang istimewa. Amalan – amalan yang dilakukan dihari itu akan mendatangkan berkah yang luar biasa salah satunya dengan wakaf. dalam hadist pun dijelaskan tentang kemulyaan hari jumat.

“ Hari terbaik dimana matahari terbit didalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu adam Alaihissalam diciptakan, dimasukan kesurga, dikeluarkan dari padanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat “ (HR. Muslim)

Dalam kitab Zadul Ma’ad Ibnu Qoyim menganjurkan kepada umat muslim untuk memberikan sedekah dihari Jumat tepatnya sebelum melaksanakan sholat. Dan memberi tanpa dilihat oleh siapapun.

“ Saya pernah melihat Ibnu Taimiyah apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada dirumah , baik roti atau yang lainya dan beliau sedekahkan kepada orang yang ada dijalan dengan diam – diam “ katanya.

“ Apabila Allah memerintahkan kita untuk bersedekah sebelum menghadap Rasulullah SAW maka bersedekah sebelum menghadap Allah lebih Afdhal dan lebih besar keutamaanya.” ( Zaud Ma’ad, 1/407 )

Dengan kondisi bangsa caruk maruk akibat guncangan pandemi yang sudah jalan satu tahun lamanya, tentu sangat berpengaruh pada perekoniman dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun tentu hal itu bisa teratasi dengan bersedekah.

Sedekah yang seperti apa ?

Sedekah yang dimaksud adalah sedekah jariyah berupa wakaf produktif yang pahala amalanya tidak akan terputus dan mengalir terus, walaupun sang pemberi wakaf sudah meninggal dunia.

Berbicara tentang wakaf, masih banyak dari kita yang menganggap bahwa wakaf itu tidak bisa dilakukan semua orang. Pikiran masyarakat Indonesia yang beranggapan wakaf hanya bisa ditunaikan dengan 3M ( Masjid, Madrasah, Makan ). Padalah, wakaf bisa menggunakan uang tunai dengan nominal seharga kopi. Oleh sebab itu,  potensi besar dari wakaf di Indonesia masih belum sepenuhnya terpakai.

Selain itu Indonesia merupakan negara dengan muslim terbanyak didunia dan warganya terkenal dengan kedermawanannya.

Bayangkan saja jika 1 juta umat muslim di Indonesia memberikan wakaf 50.000 per orang dalam satu bulan, wakaf yang dihasilkan bisa mencapai 500 Miliyar. Berapa orang yang akan terbantu dari dana tersebut ?

Menginvestasikan harta wakaf tersebut ke unit produktif dengan mempertahankan nilai pokoknya dan hasil nya bisa disalurkan baik untuk perbaikan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lainya sesuai dengan syariat dan undang – undang yang berlaku.

Badan Wakaf Mandiri memberikan kesempatan untuk sahabat yang investasi akhirat dengan patungan wakaf produktif untuk pemberdayaan yatim dan dhuafa baik bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian.

Wakaf produktif Badan Wakaf Mandiri sudah berdiri sejak lama dengan unit produktif budidaya jamur tiram, lele, ayam dan unit pertanian. Keuntungan dari hasil itu akan disalurkan kepada mauquf ‘alaih yang membutuhkan. Salah satunya pembangunan gedung Sekola Tahfidz untuk Yatim dan Dhuafa.

Sekarang waktunya untuk menginvestasikan hartamu untuk akhiratmu dengan wakaf hari jumat melalui Badan Wakaf Mandiri.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.