Card image
PENGELOLAAN WAKAF DAN POTENSI YANG BISA DIMANFAATKAN

Ada banyak jenis harta yang bisa diwakafkan. Tanah, bangunan dan bisa berupa uang. Dengan wakaf tentu banyak yang bisa didapatkan salah satunya mengurangi gelontoran dana keluar untuk kebutuhan sesuatu. Karena pada prinsipnya wakaf adalah memberikan secara suka rela dengan melepaskan sepenuhnya harta tersebut untuk dimanfaatkan dengan dikelola secara produktif atau diberikan langsung kepada mauquf ‘alaih.

Berbeda dengan investasi pada umumnya, harta benda yang sudah diwakafkan tidak bisa diambil manfaatnya oleh wakif. Harta yang sudah diwakafkan baik kepada lembaga nazir atau langsung kepada masyarakat maka manfaatnya diperuntukan untuk kemaslahatan umat. Seorang wakif tidak mendapatkan keuntungan apapun kecuali mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tipe Pengelolaan Wakaf

Setidaknya ada beberapa tipe pengelolaan wakaf yang ada di Indonesia. Apa saja sih ? simak penjelasan berikut ini :

- Pengelolaan Wakaf Secara Produktif

Pengelolaan secara produktif dengan niat agar benda dan harta yang diwakafkan bisa menghasilkan keuntungan. Kemudian keuntungannya dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat. Namun, tetap mempertahankan nilai pokok dari harta wakaf tersebut.

Dalam wakaf produktif berupa uang tunai yang diinvestasikan ke sektor ril tentunya masih berpedoman dengan hukum syariah. Keuntungan dari pelolaan wakaf produktif tersebut dikembalikan untuk kegiatan yang menyangkut kesejahteraan masyarakat.

- Pengelolaan Wakaf Non Profit

Kedua metode pengelolaan wakaf adalah non profit atau yang tidak menghasilkan keuntungan. Namun pengelolaan ini sifatnya langsung dirasakan oleh penerima manfaat sehingga kemaslahatan masyarakat bisa terjamin.

Misalnya, membangun masjid, madrasah, rumah sakit dan infrastruktur lain yang menunjang pelayanan kepada masyarakat. Sementara untuk biaya operasional diambilkan dari sedekah, zakat  dan infak.

Potensi Wakaf

Menurut kementrian keuangan, potensi wakaf bisa mencapai 2.000 Triliun Per tahun. Tentu nilai tersebut sangat besar mengingat tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih minim.

Pemerintah sendiri sudah sejak tahun 2018 mulai meraba – raba program wakaf agar potensi yang ada bisa dimaksimalkan. Melalui CWLS (Cash Wakaf Linked Sukuk ).

Tentu dengan begitu besarnya potensi yang ada, jika dimaksilakan banyak sektor – sektor yang bisa terjamah baik di bidang pendidikan, kesehatan dan pembangunan lain yang mampu mensejahterakan masyarakat.

Tentu banyak manfaat yang bisa dirasakan baik oleh masyrakata, pemerintah dan orang yang memberikan wakaf. wakaf sendiri juga mulai bertransformasi menjadi salah satu instrumen pembiayaan yang bisa membantu pemerintah dan swasta terutama untuk menunjang kesejahteraan.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.