Card image
PENDIDIKAN UNTUK ANAK YATIM DHUAFA MELALUI DANA WAKAF

Pendidikan melalui dana wakaf memang sudah tidak asing lagi ditelinga sahabat. Terlebih banyak sekolah besar yang berasal dari dana wakaf. Salah satu Universitas ternama di Dunia yaitu Al Azhar di Kairo Mesir. Sebuah Universitas yang berawal dari masjid dan dikembangkan dengan dana wakaf. Banyak lulusanya yang menjadi ulama – ulama di dunia.

Melalui program Badan Wakaf Mandiri dan Yayasan Yatim Mandiri yang berhasil membangun gedung untuk proses pendidikan adik – adik yatim dan dhuafa. Melalui dana wakaf tanah seluas 1,9 hektar dibangun kompleks pendidikan untuk yatim dan dhuafa.

Sekolah Insan Cendekia Mandiri Boarding School dibangun pada tahun 2012. Berawal dari Sekolah Menengah Pertama. Sampai sekarang sudah mempunyai jenjang pendidikan lengkap mulai dari SMP, SMA dan Pendidikan Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam An - Najah Insan Mandiri ( STAINIM )

Sekolah Insan Cendekia Mandiri Boarding School beralamatkan di Jl. Sarirogo No. 1, Sidoarjo Jawa Timur. Kiri jalan dari Sukodono dan kanan jalan jika dari kota. ICMBS memberikan pendidikan gratis untuk siswa yatim dhuafa.

Melalui dana wakaf yang dikumpulkan tentunya sangat bermanfaat untuk keberlanjutan pendidikan anak yatim dhuafa yang dibina oleh yayasan Yatim Mandiri. Selain itu bangunan serta fasilitas yang ada juga harus terpenuhi agar menjamin kenyamanan proses belajar mengajar.

Konsep yang digunakan oleh ICMBS adalah “Sekolah Efektif” yang merupakan pembelajaran dengan 3 pilar pengajaran, yaitu ( Membangun Kapasitas belajar, Pembelajaran Learning Style dan Pembelajaran Thinking Style ).

Pola pengembangan pendidikan di Insan Cendekia Mandiri Boarding School pun berbeda dari sekolah yang lain. Disana mengembangkan  pengalaman belajar dengan nama “5K”  yaitu :

-          Kekuatan akhlak yang dikemas dengan berbagai kegiatan keasramaan bersikap santun dan selalu menolong sesama. Selain itu pembiasaan akan kepedulian dengan sampah juga diajarkan mengingat semakin sedikitnya orang yang peduli.

-          Ketangguhan yang biasanya di usung dengan konsep Outbound, Leadership dan ekstrakulikuler.

-          Kecerdasan melalui kegiatan pembuatan karya tulis dan laporan tertulis.

-          Kecerdikan membangun dengan melalui muhasabah diri, evaluasi belajar serta penentuan cara belajar secara mandiri.

-          Kemandirian dan Kerjasama dilatih melalui keikutsertaan ekstrakurikuler, intrakurikuler, pelatihan menjadi pendengar yang baik dan penuh empati.

Selain mencetak siswa yang berprestasi dan bisa mengembangkan 5K di atas, ICMBS juga mempunyai program penghafal Al –Qur’an dengan harapan lulusan dari ICMBS unggul dalam pendidikan formal dan agamanya.

Setidaknya dengan metode belajar efektif yang diterapkan bisa membuat perubahan pola pikir terutama pada siswa baik SMP maupun SMA.  Terbukti banyak lulusan yang masuk di Universitas ternama di Indonesia.

Tentunya tidak sampai disini saja, Badan Wakaf Mandiri terus berbenah guna menunjang keberlangsungan pendidikan untuk anak yatim dhuafa di Indonesia. Salah satunya pembangunan untuk ICMBS Putri yang berada di Jalan Terusan Derwati, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari, Bandung, Jawa Barat.

Pembangunan ICMBS putri baru saja dimulai yaitu tepat pada tanggal (12/11) lahan wakaf sudah mulai diurug. Tentunya menjadi harapan besar buat anak yatim dhuafa dari segi ekonomi kurang mendukung agar tetap semangat untuk menuntut ilmu. Dengan begitu masa depan negara dan agama bisa dipimpin oleh orang sholih dan berpendidikan.

Wakaf sendiri merupakan sedekah jariyah yang pahalanya akan terus mengalir sampai diliang kubur. Mari bantu kemandirian anak yatim dhuafa di Indonesia serta kesejahteraan umat melalui Badan Wakaf Mandiri. Berwakaf murah klik donasi dibawah.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.