Card image
Memberi, Tak Lantas Bikin Kita Miskin Seketika

WAKAF MANDIRI - Sedekah adalah salah satu ibadah untuk meyisihkan harta kita selain zakat untuk kemaslahatan umat. Sedekah juga semata mata bukan hanya berwujud harta, tetapi dapat juga tenaga dan bantuan lain dalam tolong menolong.

Bahkan senyum juga termasuk dalam sedekah yang paling kecil, hanya dengan mengukirnya manis dan tulus pada bibir. Memberi adalah hal yang menyenangkan, juga memberikan kita kenyamanan setelahnya.

Adapula dengan istilah Wakaf yang memiliki arti yang sama, yaitu untuk memisahkan maupun menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dapat dimanfaatkan sesuai dengan kepentingan masyarakat. Baik keperluan ibadah, maupun kesejahteraan umum sesuai syariah dan tidak melanggar hukum yang berlaku.

Bersedekah kadang juga perlu diperlihatkan kepada orang ramai, ini bukan dalam keadaan untuk meriyakan atau menyombongkan apa yang kita berikan. Tetapi semacam reminder kepada banyak orang lain untuk sama-sama juga melakukannya jika mampu. Karena pada kenyataannya, memberi tidaklah membuat kita miskin seketika. Memberipun jangan berlebihan, mesti sesuai dengan keadaan kita sendiri.

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya." (QS. Saba': 39).

Seperti dalam ayat Al-Quran diatas, tidaklah harta kita akan berkurang apalagi habis. Jika pada kenyataanya sedekah akan menyempurnakan keimanan kita, juga hubungan kita dengan masyarakat lainnya. Apa yang telah kita berikan memang akan berkurang, tetapi hal tersebut akan ditutup dengan pahala di sisi Allah SWT. Dan terus menerus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak. Maka sedekah adalah menginvestasikan harta kita dengan bentuk lain yang tak terbatas.

Dari tiap sedekah Al-Quran yang kita wakafkan kepada banyak orang, dan tiap yang menerimanya memanfaatkan dengan membacanya, maka amalan tersebut akan bertambah menjadi pahala bagi kita. Begitupula dengan tanah yang kita wakafkan untuk banyak hal yang bermanfaat, seperti membangun Masjid, Pesanten, Sekolah Panti Asuhan maupun Lansia, dan hal lain yang berguna bagi umat dan orang banyak, maka pahalanya akan mengalir terus menerus kepada kita.

Seperti itulah wakaf yang akan terus menerus pahalanya mengalir. Dengan demikian, harta yang kita sedekahkan akan menjadi harta yang di bawa mati, dan terus bertambah seiring digunakan dengan baik, apa yang kita sedekahkan.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi)

Dari hadis diatas, keistimewaan sedekah juga dapat meringankan dosa-dosa kita. Bersedekah adalah memberikan apa yang ingin kita berikan dengan ikhlas, sukarela tanpa mengharap balasan dan imbalan. Karena yakin apa yang kita lakukan akan diberikan nilai pahala yang layak oleh Allah SWT

Sedekah juga memiliki hal-hal istimewa lainnya, seperti memperpanjang umur. Dimana saatnya umur kita diberian lebih, agar dapat digunakan semaksimal mungkin untuk bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Serta menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi.

Bersedekah juga membuat kekebalan imun tubuh kita meningkat, akibat hormon bahagia yang dikeluarkan tubuh. Makin bahagia, InsyaAllah makin baik imun tubuh kita terpelihara akan lebih mampu dalam menangkis penyakit-penyakit yang datang.

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Baqarah: 271)

Semoga apa yang kita sedekahkan, wakafkan menjadi penolong kita, baik di dunia yang fana ini, maupun di alam kubur dan akhirat kelak.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.