Card image
MENGENAL LEBIH DEKAT APA ITU WAKAF PRODUKTIF ?

Kita sebagai umat islam tentu harus tau dan mengenal yang di maksud dari wakaf. Tentu wakaf sendiri memiliki makna yang harus kita pelajari bersama.

Wakaf berasal dari bahasa arab yaitu "Waqf" yang artinya menahan diri. Jadi wakaf merupakan sebuah ibadah yang tidak akan berhenti pahalanya meskipun sudah meninggal dunia atau disebut dengan Maliyah.

Dari nilai wakafnya sendiri akan tetap tanpa mengurangi sedikitpun dari suatu harta atau benda wakaf tersebut.

Namun hasil dari pengelolahan wakaf dapat memberikan manfaat dalam jangka waktu yang lama. Sehingga masyarakat turut ikut merasakan dampak manfaat dari pengelolahan wakaf. Seperti halnya Wakaf Produktif.

Program Wakaf Produktif menjadi inisiatif baru dalam pengembangan wakaf, agar lebih bermanfaat di masyarakat. Istilah Wakaf Produktif merujuk pada skema pengelolahan wakaf. Harta benda yang diwakafkan digunakan dalam kegiatan produksi dan hasilnya disalurkan sesuai dengan tujuan wakaf.

Dengan hadirnya wakaf produktif di tengah masyarakat dapat memberikan dampak pembangunan ekonomi nasional. Membangun jalan tol, rumah sakit, pabrik hingga pelabuhan yang dibangun oleh wakaf. Sehingga wakaf ini menjadi oksigen yang terus masuk mendukung pembangunan di Indonesia.

Ada cerita tentang wakaf dari Sahabat Nabi pertama kali yaitu  Umar Bin Khattab RA. Beliau ini salah satu sahabat nabi yg mewakafkan di jalan Allah swt dengan sebidang kebun yang sangat subur di daerah Khaybar. Kemudian kebun itu dikelola sebaik mungkin dan hasilnya untuk kepentingan masyarakat. Tentu wakaf ini adalah wakaf produktif dalam arti mendatangkan aspek ekonomi dan kesejahteraan kemaslahatan ummat.

Selama ini, masyarakat cenderung menyalurkan bantuannya berupa aset yang tidak bergerak (wakaf sosial). Padahal, terdapat yang namanya Wakaf Produktif atau Wakaf Uang yang sangat memiliki berbagai manfaat demi kesejahteraan masyarakat, dan juga dapat mengembangkan surplus investasi wakaf.

Sahabat, bingung mencari nazhir di Indonesia yang terpercaya ?

Badan Wakaf Mandiri merupakan salah satu Nazhir yang Amanah, Terpercaya, Profesional dan Transparan.

Mari investasi akherat sekarang juga bersama kami. 

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.