Card image
KISAH TELADAN ABU THALHA TENTANG WAKAF & KEBUN BAIRUHA

Dikisahkan sahabat nabi, Abu Thalhah seorang sahabat yang berasal dari kalangan Anshar. Beliau salah satu sahabat nabi yang memiliki harta yang sangat banyak di antaranya memiliki kebun bernama Bairuha. Kebun yang paling yang cintai oleh nya dan memiliki Istri yang begitu cantik dan taat kepada Abu Thalhah yaitu Ummu Sulaim.

Abu Thalhah merupakan salah satu sahabat nabi yang berpindah Agama dari Yahudi ke Agama Islam. Kisah mulanya berawal dari Abu Thalhah sangat ingin menikahi seorang wanita cantik madinah yang bernama Ummu Sulaim. Beliau (Istrinya) tidak ingin menikahi nya karena waktu itu Abu Thalhah (Zain bin Sahl) ini dalam keadaan beda Agama, dengan kewibawaannya Ummu Sulaim ia menawarkan kepada beliau agar bisa menikahinya dengan syarat maharnya berupa memeluk Agama Islam (Abu Thalhah). Akhirnya Zaid bin Sahl ini mau dengan tawarannya dia dan mengucapkan syahadat.

Suatu hari, Rasulullah SAW pernah singgah dikebun nya Abu Thalhah untuk ber istirahat serta minum dari airnya. Setelah itu turunlah ayat Suci Al Qur'an yang berbunyi :

"Sekali-kali kamu tidak sampai pada kebaikan (yang sempurna) sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai." (Ali Imran:92)

Ayat ini terdengarlah sampai ke telinga sahabat nabi yang bernama Abu Thalhah (Zaid bin Sahl). Kemudian, beliau bergegas untuk menemui Rasulullah SAW lalu berkata "Aku ingin mengamalkan apa yang diperintahkan oleh Allah untuk memberikan sebagian harta kita dijalan-Nya, wahai Rasulullah. Dengan harapan mengharapkan Ridho Allah swt, terimahlah sebagian hartaku sebuah kebun Bairuha, sebagai sedekah. Aku pasrahkan kepadaMu ya Rasulullah untuk dimanfaatkan kepada masyarakat Madinah"

Baca Juga Artikel : Kisah Inspiratif Tentang Wakaf Utsman bin Affan | Badan Wakaf Mandiri

Masyallah begitu antusias dan semangatnya yang dilontarkan oleh sahabat nabi ini Abu Thalhah, Akhirnya Rasulullah menyambutya dengan suka cita dan berkata "Inilah harta yang diberkahi. Aku telah mendengar apa yang kau ucapkan dan aku menerimanya. Aku kembalikan lagi kepada kepadamu dan berikanlah ia kepada kerabat kerabat terdekatmu"

Dari sini pesan yang disampaikan rasulullah saw agar Abu Thalhah sebelum memberikan kepada orang lain, berikanlah kepada saudara atau kerabat terdekatnya terlebih dahulu setelah bagikan kepada orang lain yang membutuhkan.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.