Card image
INVESTASI AKHIRAT PALING MENGUNTUNGKAN

Mempunyai keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang banyak memang menjadi fithrah setiap orang. Hampir semua manusia mempunyai sifat seperti itu, mendapatkan untung yang banyak namun pengorbanan yang kecil.

Namun memang tidak banyak yang memahami tentang ketidakamanan saat berinvestasi bahkan hampir semua orang lebih mengandalkan tabungan dibanding dengan berinvestasi.

Namun sejatinya berinvestasi tidak hanya perkara dunia saja, melainkan juga harus punya investasi akhirat. Mungkin tidak asing lagi kata – kata “ Hidup didunia hanya sementara “. Oleh sebab itu sudah sewajarnya kita sebagai manusia juga harus menyiapkan investasi akhirat.

Namun apa sih pengertian dari investasi itu sendiri ?

Pengertian Investasi

Investasi sendiri merupakan upaya untuk menankan modal yang bisa mendapatkan keuntungan dikemudian hari. Modal sendiri bisa berupa uang atau sumber daya yang lainya seperti halnya tanah, gedung dan lainya.

Dengan berinvestasi orang rata – rata mempunyai harapan agar bisa mendapatkan feedback atau manfaat untuk masa depan.

Ada banyak jenis tentunya invesatasi itu. Seperti halnya sekolah atau kuliah yang dianggap  bagian dari investasi, karena menginvestasikan waktu untuk belajar guna mendapatkan manfaat di masa depan, bisa dengan pekerjaan yang baik atau gelar.

Bukan hanya itu, jika orang menginvestasikan uang untuk pembelian saham atau lainya tentu mempunyai harapan agar  mendapatkan keuntungan dimasa depan. Jadi memang sifatnya investasi bukan sekarang bisa dirasakan hasilnya namun di kemudian hari.

Berinvestasi di Jalan Allah

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang – orang yang menfakahkan hartanya dijalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbukan tujuh butir, pada tiap – tiap butir tumbuh seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang dikehendaki, dan Allah Maha Kuasa ( Karunian – Nya ) lagi Maha Mengetahui”.

Dari kutipan ayat Q.S Al – Baqarah: 261 diatas bisa kita ambil pelajaran bahwa Allah SWT akan memberikan balasan nikmat yang besar bagi siapa saja yang menginvestasikan hartanya dijalan Allah.

Harta benda yang dimanfaatkan untuk kebaikan bersama tentunya akan lebih baik dibandingkan untuk diri sendiri. Kebaikanya bisa ratusan kali lipat didapatkan.

Tentunya kita bisa memahami bahwa tempat kembalinya kita adalah akhirat. Untuk itu hanya balasan akhiratlah yang bisa memberikan kita ganjaran yang besar. Dengan berinvestasi di jalan Allah kita akan dibalas berkali – kali lipat, bahkan jumlahnya tidak akan terhitung.

Seperti ayat berikut ini :

“ Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang – orang yang bertaqwa “ ( QS Ali Imran : 133 )

Selain ayat – ayat yang sudah Minwa tuliskan diatas, ada juga hadist ” Apabila seorang itu meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya kecuali dari tiga sumber, yaitu sedekah jariah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakan orang tuanya”.

Salah satu bentuk investasi yang akan mendapatkan balasan berlipat ganda adalah dengan Wakaf. seseorang yang sudah mewakafkan harta bendanya untuk kemaslahatan orang banyak maka pahalanya akan terus mengalir.

Harta benda tidak akan dibawa mati, namun manfaatnya akan bisa terus dirasakan oleh orang banyak. Mari bedonasi bersama kami di Badan Wakaf Mandiri.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah lembaga wakaf nasional yang berkhidmat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yatim dan dhuafa, dengan menggalang dan mengelola sumberdaya wakaf secara produktif, profesional dan amanah.