Card image
INILAH SEJARAH AWAL MULA WAKAF | BADAN WAKAF MANDIRI

Wakaf adalah sunnah ibadah yang seorang Muslim melakukan kehendak ilahi. Menurut John L Esposito Oxford Encyclopedia: Modern Islamic World, Wakaf sama tuanya usia manusia.

Pengacara, menurut Esposito, menyebutkan pertama yang kepegawaian adalah bangunan suci Ka'bah di Mekah - yang dalam Surah Ali Imran [3] ayat 96 - disebut rumah pertama ibadah yang dibangun oleh manusia.

Sejarah menunjukkan bahwa yayasan keagamaan pertama terjadi selama Nabi Muhammad. Ketika beremigrasi dengan imigran ke Madinah, Muslim membangun Masjid Quba. Ini adalah dasar-dasar agama pertama yang terjadi dalam sejarah peradaban Islam. Enam bulan setelah pembangunan masjid Quba di pusat kota juga dibangun Masjid Nabawi Madinah, yang juga dalam bentuk yayasan keagamaan.

Derma endowment (filantropis) juga dimulai sejak masa Nabi Muhammad. Seseorang bernama Mukhairiq sedekah (sumbangan) tujuh bidang kebun di Madinah, setelah kematiannya, Nabi Muhammad di 626 M

Nabi mengambil alih kepemilikan tujuh bidang kebun dan ditunjuk sebagai dana abadi amal untuk mengambil keuntungan dari orang miskin. Praktek para sahabat Nabi dan Khalifah Umar bin Khattab.

Tak lama setelah kematian, Khalifah Umar bin Khattab (635-645 M) Nabi memutuskan untuk membuat dokumen tertulis pada wakafnya di Khaybar, dia mengundang beberapa teman untuk menghadiri penyusunan dokumen. Dia dikenal sebagai keluarga Wakaf.

Dalam abad kedua Hijriah, umat Islam telah mulai untuk mengenali wakaf tunai atau cash wakaf. Imam Az-Zuhri (wafat 124 H) adalah salah satu peneliti utama dan batu tadwin al-Hadits memfatwakan bolehnya dinar dan dirham alokasi untuk pengembangan sarana propaganda, sosial dan pendidikan umat Islam.

Ketika pimpinan Salahuddin Al Ayoubi, Mesir telah mengembangkan uang wakaf. Oleh karena itu, digunakan untuk membiayai pembangunan negara dan untuk membangun masjid, sekolah, rumah sakit dan tempat-tempat akomodasi. Pada saat emas Islam, wakaf telah menjadi andalan kekuatan ekonomi dinasti Islam. profesional dikapitalisasi manajemen properti wakaf, dinasti Islam mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Di zaman keemasan Islam, tidak hanya berhasil wakaf dan dibagikan kepada orang miskin dan yang membutuhkan, tetapi modal untuk sekolah membangun, membangun perpustakaan dan membayar gaji para staf mengevaluasi guru dan beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa.

Rumah sakit itu dibangun di beberapa kota dengan wakaf. Semua biaya operasi yang dihasilkan dari endowment rumah sakit. Gaji dokter, perawat, obat-obatan ditutupi oleh endowment. Jadi, bahkan orang miskin untuk mencapai pelayanan kesehatan yang berkualitas gratis.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.