Card image
HIKMAH DISYARIATKANYA WAKAF

Wakaf dalam kalangan orang muslim memang sudah ada sejak lama dan merupakan amalan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Allah menciptakan wakaf tentunya bukan tanpa alasan karena mengandung dimensi sosial yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan umat manusia.

Allah mensyariatkan umat muslim untuk berwakaf karena didalamnya terdapat kandungan taqarub (pendekata) kepada Allah. Namun selain itu wakaf juga bisa menjadi bagian dari mencurahkan rasa sayang kepada sahabat, kerabat dan orang – orang fakir.

Ada banyak jenis harta benda yang bisa diwakafkan. Bisa dengan menggunakan benda tidak bergerak seperti tanah, bangunan atau benda bergerak seperti uang, kendaraan dan benda lainya.

Wakaf merupakan amalan yang pahalanya akan terus mengalir walaupun wakif atau pemberi wakaf sudah meninggal dunia. Contohnya ada orang yang mewakafkan tanahnya untuk dibangun masjid. Maka orang yang mewakafkanya akan mendapatkan pahala selagi tanah tersebut digunakan oleh umat.

Wakaf sendiri mempunyai jenis yang bermacam – macam. Namun para ulama terdahulu tidak membedakan antara wakaf keluarga dan wakaf lainya dari segi penamaan. Mereka memberikan penyebutan yang sama dari jenis wakaf tersebut dengan nama wakaf, habs atau sedekah.

Namun para ulama mutaakhirin (kontemporer) membedakan antara wakaf keluarga dan wakaf untuk kemaslahatan orang banyak. Seperti untuk fakir, pencari ilmu, rumah sakit, lembaga pendidikan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu ulama kontemporer membagi wakaf menjadi dua hal.

  1. Wakaf Ahli (Dzurri)

Wakaf jenis ini merupakan wakaf untuk anak cucu dan kerabat. Hal tersebut sudah pernah dilakukan oleh Abu Thalhah.

  1. Wakaf Khairi

Wakaf yang bertujuan untuk kebaikan secara umum seperti tanah untuk dibangun masjid, sekolah, rumah sakit dan sebagainya.

Perbedaan dari kedua wakaf diatas kalau wakaf ahli untuk keluarganya, sedangkan wakaf khairi digunakan untuk kemaslahatan orang banyak. Untuk sekarang kebanyakan orang mengenal wakaf khairi karena banyak berlomba – lomba untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui amalan wakaf.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah Platform Donasi Digital milik LAZNAS Yatim Mandiri, sebagai media untuk memudahkan donatur dalam menyalurkan donasi wakafnya.