Card image
Bersihkan Jiwa

WAKAF MANDIRI - Allah SWT mengilhamkan pada jiwa manusia 2 jalan, yakni kejahatan dan ketakwaan. Bila bertaqwa, maka jalan hidupnya ditempuh dengan menapaki jalan-jalan seperti, selalu hadir di pengajian, gemar berdakwah, dan intinya menyukai jalan-jalan yang mengantarkannya kepada ketaqwaan.

Bila kejahatan, maka ia memilih jalan yang dipenuhi dengan nafsu, serakah, tamak, sombong dan merasa dirinya tidak perlu Allah, Na'udzu Billah. Jiwa manusia itu, laksana air. Akan tetap jernih apabila dirawat dan disucikan. Apa pun yang dimasukkan ke dalam air jernih, maka dengan mudah bisa dilihat dan dikenali.

Namun, akan sulit melihat dan mengenali benda yang dimasukkan dalam air yang hitam pekat. Jiwa manusia akan menjadi hitam, jika kemaksiatan dan perbuatan dosa terus dilakukannya.

Banyak jalan untuk membersihkan jiwa. Di antaranya dengan berzikir, membaca Al-Quran, dan shalat. Dengan dzikrullah yang mengundang kepasrahan kepada Allah dan syariahNya. Sehingga jiwa menjadi tenang, dan hatinya bergetar karena rasa takut dan berharap kepadaNya.

Selanjutnya, membaca Al-Quran yang disertai pendalaman kandungannya akan meningkatkan keimanan pembacanya dan menambah kecintaan kepada bacaan mulia ini. Juga, menjadi pendorong baginya untuk mencintai Allah.

Adapun shalat merupakan bukti ketundukan seorang hamba kepada Khaliknya. Shalat mengantarkan pelakunya mampu menepis perbuatan keji dan mungkar dalam kehidupan sehari-hari.

Di saat kejahatan merebak di masyarakat, pembersihan jiwa hendaknya dilakukan setiap insan Muslim. Oleh karenanya, mari bersihkan jiwa, mulai dari kita sendiri.

Quotes

WAKAF MANDIRI adalah lembaga wakaf nasional yang berkhidmat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yatim dan dhuafa, dengan menggalang dan mengelola sumberdaya wakaf secara produktif, profesional dan amanah.